CONTOH ERD PERPUSTAKAAN

Business Requirements Documents

Business Requirements Documents, disingkat BRD, adalah sebuah dokumen yang menjelaskan solusi bisnis untuk suatu proyek, seperti apa yang harus dilakukan perusahaan terhadap produk baru atau produk yang diperbarui.

Elemen BRD

  • Deskripsi Proyek  
  • Lingkup Proyek 
  • Kebutuhan Fungsional 
  •  Kebutuhan Non Fungsiona
  •  Biaya
  • Tim

·         Penanggung Jawab Proyek

  •      Tim proyek    Setiap atau semua mitra bisnis.
  •       Setiap atau semua mitra bisnis
  •       Pemilik proses atau perwakilannya.
  •       Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia

Mengapa BRD itu Penting

  •  Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek.
  • Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek.
  • Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder.  
  •  Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan.

Contoh Business Requirements Documents


Business Requirement Document

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROYEK APLIKASI PERPUSTAKAAN

                       DIBUAT OLEH: Bayu Aji Susilo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PRODI BISNIS DIGITAL

POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA

 SALATIGA


PERSETUJUAN

Dibuat Oleh :

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

Bayu Aji Susilo

Project Manager

 

23 sep 2022

 

Direview Oleh :

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 

Disetujui Oleh :

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 



1         Deskripsi Proyek

Proyek Perpustakaan ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mengontrol buku yang dipinjam dan di kembalikan oleh mahasiswa Politeknik Bhakti Semesta. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan sekolah terutama bagian  petugas Pepustakaan dalam mengelola data buku. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.

 

2         Lingkup Proyek

Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain layout terdiri dari :

a)      Tampilan login

b)      Tampilan dashboard

Fitur Aplikasi terdiri dari:

a)     Fitur login

b)     Fitur Create Read Update Delete (CRUD) data siswa

c)     Fitur anggota

d)     Fitur buku

e)     Fitur peminjaman

 

3         Kebutuhan Fungsional

3.1       Spesifikasi kebutuhan

Proyek Perpustakaan ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin atau petugas Perpustakaan sekolah dapat mengakses dan mengelola data Pengunjung Perpustakaan dan buku secara penuh (full access), dan Mahasiswa hanya memiliki akses untuk peminjaman dan pengembalian buku saja. Fitur utama yang dapat dikelola adalah

a.       Manajemen user login

b.       Manajemen data Pengunjung perpustakaan

c.       Manajemen data  buku


3.2       Use Case Diagram





Gambar diatas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Perpustakaan yang  penjelasannya sebagai berikut:

a.       Use case ini terdiri dari 2 actor yang berinteraksi dengan satu sistem

b.       PUSTAKAWAN, merupakan actor/orang yang dapat mengakses sistem aplikasi  secara penuh. Petugas dapat mengakses data siswa dan data buku serta dapat mengelolanya.

c.       Anggota, merupakan actor yang hanya dapat mengakses daftar, login, peminjaman dan pengembalian buku.

d.       Pendaftaran, langkah pertama yang harus dilakukan oleh anggota dalam peminjaman buku adalah registrasi, agar data mahasiswa dapat di olah oleh Petugas.

e.       Login, setelah menjadi anggota, anggota harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem, dalam hal ini adalah fitur pencarian, peminjaman, dan pengembalian Buku.

f.        Pencarian buku, fitur ini dapat diakses oleh anggota yang berguna untuk mencari buku apa yang dicari oleh anggota. Fitur ini dikelola penuh oleh Petugas.

g.       Peminjaman Buku,  Fitur ini digunakan untuk menentukan buku yang akan dipinjam oleh anggota. Pada fitur ini perlu persetujuan dari Petugas Terlebih dahulu

h.      Pengembalian Buku. Fitur ini digunakan untuk melaporkan bahwa buku yang dipinjam oleh anggota sudah dikembalikan. Pada fitur ini perlu persetujuan dari Petugas Terlebih dahulu.

3.3       Entity Relationship Diagram (ERD)




Pada ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.

1.    Entitas mahasiswa mempunyai atribut nama, NIM, prodi, jenis kelamin, alamat dan no telp.
2.    Mahasiwa sebagai anggota mempunyai atribut no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan.
3.    Untuk entitas petugas memiliki atribut user name, password, dan id petugas.
4.    Saat meminjam harus mencantumkan tgl pinjaman, kode pinjam, tgl kembali.
5.    Buku juga terdapat data berupa judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, tahun terbit.
6.    Jika terjadi keterlambatan pada pengembalian buku, akan di kenai denda beserta tarifnya

4         Kebutuhan Non Fungsional

Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:

a.    Bisa digunakan pada berbagai macam browser

b.    Tampilan user friendly dan responsif

c.     Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password

d.    Mudah digunakan

e.    Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)


5         Biaya

Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen

·         Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document                : Rp.    500.000

·         Pembuatan Desain dan Layout Web                                                   : Rp.    800.000

·         Pembuatan Modul Login dan Siswa                                                   : Rp.    700.000

      ·         Testing dan Deployment Aplikasi                                        : Rp. 500.000 

Total : Rp. 2.500.000


6         Tim

Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:

·       Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document

·        Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web

·        Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web

·       Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi

·        Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server


7         Penjadwalan

Proyek Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut

Komponen

Pekan 1

Pekan 2

Pekan 3

Pekan 4

Pembuatan BRD

 

 

 

 

Desain & Layout

 

 

 

 

Development

 

 

 

 

Testing & Deployment

 

 

 

 

 

 

                                                                                  


 

Comments

Popular Posts