CONTOH ERD PERPUSTAKAAN
Business Requirements Documents
Business Requirements Documents, disingkat BRD, adalah sebuah dokumen yang menjelaskan solusi bisnis untuk suatu proyek, seperti apa yang harus dilakukan perusahaan terhadap produk baru atau produk yang diperbarui.
Elemen BRD
- Deskripsi Proyek
- Lingkup Proyek
- Kebutuhan Fungsional
- Kebutuhan Non Fungsiona
- Biaya
- Tim
· Penanggung Jawab Proyek
- Tim proyek Setiap atau semua mitra bisnis.
- Setiap atau semua mitra bisnis
- Pemilik proses atau perwakilannya.
- Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia
Mengapa BRD itu Penting
- Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek.
- Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek.
- Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder.
- Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan.
Business Requirement Document
PROYEK
APLIKASI PERPUSTAKAAN
DIBUAT OLEH: Bayu Aji Susilo
PRODI BISNIS
DIGITAL
POLITEKNIK
BHAKTI SEMESTA
SALATIGA
PERSETUJUAN
Dibuat Oleh :
Nama |
Title |
Tanda
Tangan |
Tanggal |
Bayu Aji Susilo |
Project Manager |
|
23 sep 2022 |
Direview Oleh :
Nama |
Title |
Tanda
Tangan |
Tanggal |
|
|
|
|
Disetujui Oleh :
Nama |
Title |
Tanda
Tangan |
Tanggal |
|
|
|
|
Daftar Isi
1
Deskripsi Proyek
Proyek Perpustakaan
ini merupakan
aplikasi atau software yang berfungsi untuk mengontrol buku yang dipinjam dan di kembalikan
oleh mahasiswa Politeknik Bhakti Semesta. Diharapkan dengan adanya aplikasi
ini akan memudahkan sekolah terutama bagian
petugas
Pepustakaan dalam
mengelola data buku.
Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa
pemrograman PHP, HTML, CSS dan database
MySQL.
2
Lingkup Proyek
Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain layout terdiri dari :
a) Tampilan login
b) Tampilan dashboard
Fitur Aplikasi terdiri dari:
a) Fitur login
b) Fitur Create Read Update Delete (CRUD) data siswa
c) Fitur anggota
d) Fitur buku
e) Fitur peminjaman
3
Kebutuhan Fungsional
3.1 Spesifikasi kebutuhan
Proyek Perpustakaan ini menggunakan teknologi
web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop
(laptop) maupun browser
pada mobile (HP).
Admin atau petugas
Perpustakaan
sekolah dapat mengakses dan mengelola data Pengunjung Perpustakaan dan buku secara penuh (full
access), dan Mahasiswa hanya memiliki akses untuk peminjaman
dan pengembalian buku saja. Fitur
utama yang dapat dikelola adalah
a.
Manajemen user login
b.
Manajemen data Pengunjung perpustakaan
c.
Manajemen data
buku
3.2 Use Case Diagram
Gambar diatas merupakan Use
Case Diagram pada Proyek Perpustakaan yang penjelasannya sebagai
berikut:
a. Use case ini terdiri
dari 2 actor yang berinteraksi dengan
satu sistem
b. PUSTAKAWAN, merupakan actor/orang yang dapat mengakses
sistem aplikasi secara penuh. Petugas dapat mengakses data
siswa dan data buku serta dapat mengelolanya.
c. Anggota,
merupakan actor yang hanya dapat mengakses daftar, login, peminjaman dan
pengembalian buku.
d. Pendaftaran,
langkah pertama yang harus dilakukan oleh anggota dalam peminjaman buku adalah
registrasi, agar data mahasiswa dapat di olah oleh Petugas.
e. Login, setelah menjadi
anggota, anggota harus melakukan login agar
dapat mengakses fitur lain yang ada
dalam sistem, dalam hal ini adalah fitur pencarian, peminjaman, dan pengembalian Buku.
f.
Pencarian buku, fitur ini dapat diakses oleh anggota
yang berguna untuk mencari buku apa yang dicari oleh anggota. Fitur ini
dikelola penuh oleh Petugas.
g. Peminjaman
Buku, Fitur ini digunakan untuk
menentukan buku yang akan dipinjam oleh anggota. Pada fitur ini perlu
persetujuan dari Petugas Terlebih dahulu
h.
Pengembalian Buku. Fitur ini digunakan untuk
melaporkan bahwa buku yang dipinjam oleh anggota sudah dikembalikan. Pada fitur
ini perlu persetujuan dari Petugas Terlebih dahulu.
3.3 Entity Relationship Diagram (ERD)
Pada ERD diatas menjelaskan
terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.
3. Untuk entitas petugas memiliki atribut user name, password, dan id petugas.
4. Saat meminjam harus mencantumkan tgl pinjaman, kode pinjam, tgl kembali.
5. Buku juga terdapat data berupa judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, tahun terbit.
6. Jika terjadi keterlambatan pada pengembalian buku, akan di kenai denda beserta tarifnya
4
Kebutuhan Non Fungsional
Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:
a.
Bisa digunakan
pada berbagai macam browser
b.
Tampilan user friendly dan responsif
c.
Keamanan yang terjamin dengan
enkripsi password
d.
Mudah digunakan
e. Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)
5
Biaya
Untuk biaya terdiri
dari beberapa komponen
·
Analisa dan Pembuatan Business
Requirement Document : Rp. 500.000
·
Pembuatan Desain
dan Layout Web : Rp. 800.000
·
Pembuatan Modul Login dan Siswa : Rp. 700.000
· Testing dan Deployment Aplikasi : Rp. 500.000
Total : Rp. 2.500.000
6
Tim
Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:
· Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document
· Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web
· Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web
· Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi
· Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server
7
Penjadwalan
Proyek Data Siswa ini di perkirakan
membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut
Komponen |
Pekan 1 |
Pekan 2 |
Pekan 3 |
Pekan 4 |
Pembuatan BRD |
|
|
|
|
Desain & Layout |
|
|
|
|
Development |
|
|
|
|
Testing & Deployment |
|
|
|
|
Comments
Post a Comment